Tips Memilih Web Hosting Sebelum Membeli

Membangun situs web tidaklah sulit, tetapi beberapa terminologi dan konsep terkait hosting dapat membingungkan. Kiat hosting web dasar ini akan membantu pemula memahami seputar memilih hosting website.

Web hosting mungkin merupakan bagian yang kurang terlihat di internet. Segala sesuatu yang Anda sukai tentang Internet — podcast, meme, artikel, tweet, situs web, game online, konten Netflix — hidup di server yang harus dibayar dan dijalankan oleh perorangan atau perusahaan agar Anda dapat mengaksesnya.

Web hosting adalah elemen yang tak terlihat namun penting dari pengalaman online.

Jika Anda mempertimbangkan, katakanlah, meluncurkan situs web, ada beberapa aspek hosting web dasar yang harus Anda ketahui sebelum memulai proyek.

Meskipun relatif mudah untuk mendaftar dan menggunakan perangkat lunak pembangun situs web yang disediakan oleh penyedia untuk dengan cepat menciptakan ujung depan yang menarik dan fungsional, ada banyak istilah dan konsep terkait untuk membungkus kepala Anda.

Seperti yang akan segera Anda lihat, beberapa di antaranya membingungkan. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang hosting web sebelum membuka akun.

tips memilih hosting

1. Perbedaan Antara Jenis Hosting

Jika Anda telah menghabiskan banyak waktu di situs web host web, Anda mungkin melihat istilah-istilah seperti shared , VPS , dedicated , cloud, WordPress, dan reseller.

Mereka mewakili berbagai jenis web hosting, tetapi tidak setiap host web menawarkan semuanya. Plus, jenis hosting berbeda satu sama lain dalam cara yang signifikan.

Hampir setiap host web menawarkan shared hosting, bentuk hosting web termurah . Dengan shared hosting, situs web Anda berbagi server dan sumber daya server dengan banyak situs lainnya.

Jika Anda ingin anggaran hosting web Anda kecil, dan jangan berharap banyak lalu lintas, shared hosting adalah cara yang harus dilakukan. Anda harus membayar kurang dari $ 10 per bulan untuk jenis hosting web ini. Tingkat hosting ini benar-benar paling cocok untuk situs kecil yang tidak membutuhkan bandwidth dalam jumlah besar.

Karena Anda berbagi sumber daya dengan situs lain, Anda harus siap menghadapi perlambatan sesekali jika salah satu rekan situs Anda mulai menarik banyak pengunjung.

Bisnis besar yang mengharapkan lalu lintas besar ke situs mereka harus memilih VPS atau hosting khusus, yang masing-masing menawarkan spesifikasi server yang semakin kuat.

Hosting VPS seperti versi shared hosting berdaya tinggi, kecuali situs web yang jauh lebih sedikit berbagi sumber daya server, yang juga sedikit lebih terpisah. Hosting VPS harganya lebih mahal dari shared hosting, tetapi Anda harus membayar kurang dari $ 100 per bulan.

Hosting khusus menempatkan situs Anda di server dengan sendirinya, sehingga dapat memanfaatkan kekuatan penuh server. Ini adalah jenis hosting yang paling mahal; Anda mungkin membayar $ 100 per bulan atau lebih untuk daya mentah ini.

Simak juga: review web hosting terbaik

2. Bandwidth Tidak Sama dengan Transfer Data

“Bandwidth” dan “transfer data” sering digunakan secara bergantian untuk menentukan jumlah data yang disajikan situs web Anda kepada pengunjung, tetapi istilah tersebut, secara teknis, tidak memiliki definisi yang sama.

Bandwidth mewakili jumlah total data yang dapat ditransfer sekaligus, sementara transfer data adalah throughput atau jumlah aktual informasi yang dapat digunakan selama periode waktu tertentu — biasanya sebulan.

Bayangkan seperti ini: host web mungkin memiliki bandwidth 5GB maksimum, tetapi tergantung pada paket hosting Anda, situs Anda hanya dapat mengizinkan 1GB transfer data per bulan.

Catatan: Jika situs web Anda melebihi transfer data bulanan yang dialokasikan karena hit Reddit, misalnya, host web dapat memperlambat kecepatan transfer data situs Anda atau membebankan biaya kepada Anda sebagai penalti.

Bahkan mungkin meminta Anda untuk meningkatkan ke tingkat hosting web yang lebih tinggi. Sebaiknya ketahui batasan data situs Anda sebelum Anda mengalami situasi seperti ini.

Reseller hosting memungkinkan Anda memulai bisnis hosting web bermerek Anda sendiri tanpa khawatir membangun infrastruktur dari awal.

Hosting WordPress memungkinkan Anda membangun situs di lingkungan yang melayani sistem manajemen konten paling populer di dunia.

Dan cloud hosting ? Itu jenis yang sama sekali berbeda yang memungkinkan Anda dengan mudah mengukur kekuatan situs web di beberapa server, meskipun tidak setiap host web menawarkannya. Namun. Harga untuk tingkatan hosting ini ada di semua tempat, jadi berbelanja sangat penting.

3. Unlimited bukan berarti benar-benar tidak terbatas

Host web akan membujuk Anda untuk mendaftar untuk paket hosting web mereka dengan menggoda Anda dengan janji penyimpanan tanpa batas atau transfer data bulanan. Ini umumnya bukan kesepakatan yang sepenuhnya jujur.

Sekarang, saya tidak akan mengatakan bahwa host web ini benar-benar berbohong, tetapi penyimpanan “tak terbatas” atau transfer data membanggakan hampir selalu memiliki batasan yang berbeda-beda menurut perusahaan.

FatCow , misalnya, menawarkan “jumlah besar” ruang disk, dan menyatakan bahwa tidak ada batasan pada konten pengguna — selama orang itu tetap sepenuhnya mematuhi persyaratan layanan perusahaan dan menggunakan penyimpanan “untuk operasi normal situs web FatCow Anda . ”

Penyimpanan dan transfer data yang tidak terbatas biasanya dikaitkan dengan rencana bersama atau WordPress, dan itu membuat Anda berjalan liar … dalam batas-batas.

Jika blog Anda mendapatkan arus lalu lintas yang masuk akal (apa pun artinya!), Anda akan memiliki reputasi yang baik. Namun, Anda seharusnya tidak mengunggah atau mengalirkan 50TB data per hari.

Anda harus berkonsultasi dengan persyaratan layanan host web, atau perwakilan layanan pelanggan, untuk mempelajari dengan tepat apa yang dapat dan tidak dapat Anda lakukan dalam lingkup penawaran tanpa batas paket Anda.

Sebagai contoh, DreamHost menyatakan di situs webnya bahwa perusahaan tidak melacak “bandwidth atau lalu lintas, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang biaya kelebihan penggunaan yang berlebihan.”

4. SSD dan HDD Server

Jika Anda ingin mendaftar untuk hosting web bersama, Anda mungkin akan menerima real estat pada server Hard disk Drive (HDD) tradisional. Keuntungan dari server berbasis HDD adalah dapat menawarkan jumlah penyimpanan yang besar dengan harga murah. Saat Anda naik tangga hosting ke penawaran yang lebih kuat, seperti VPS dan dedicated, host web akan memberi Anda opsi untuk membangun situs di solid-state drive (SSD).

Server berbasis SSD adalah unit penyimpanan cepat kilat. Teknologi SSD masih sangat mahal, sehingga server berbasis SSD Anda biasanya membawa total penyimpanan yang jauh lebih kecil daripada HDD. Anda jarang akan melihat server SSD 1TB, yang merupakan angka yang lumrah di arena HDD.

Diskusi SSD vs. HDD adalah diskusi yang panjang yang melampaui cakupan artikel ini. Saya sarankan membaca SSD Tom Brant yang sangat baik vs HDD: Apa Perbedaannya?

5. Menggunakan server Linux

Hampir setiap host web menawarkan Linux sebagai sistem operasi yang mendukung server mereka. Bahkan, saya tidak berpikir saya telah meninjau host web yang tidak memiliki OS open-source gratis. Bahkan jika Anda tidak terbiasa dengan Linux, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan khusus di bagian belakang untuk membangun situs web. Pembangun situs web membuat situs bangunan mudah.

Yang mengatakan, jika situs Anda membutuhkan kerangka kerja scripting ASP atau ASP.NET, Anda harus menjalankan dengan sistem operasi Windows Server. Itu karena skrip yang Anda tulis dan laman web produk Anda hanya akan berfungsi di lingkungan berbasis Windows.

Ada manfaat tambahan: aplikasi Microsoft, seperti Office atau Outlook, terintegrasi dengan server dengan mudah. Kelemahannya? Server Windows tidak kompatibel dengan perangkat lunak sumber terbuka berbasis Linux kecuali Anda melakukan mengutak-atik.

Server Windows harganya sekitar $ 10 hingga $ 20 lebih dari setara Linux mereka, tetapi jika Anda membutuhkan alat Microsoft itu adalah premi kecil.